Senin, 13 Juni 2011

Kaos Kaki Longgar ala Jepang


Bagi yang suka nonton anime atau dorama Jepang pastinya nggak asing lagi sama kaos kaki longgar ala Jepang. Cewek SMA atau bahkan SMP di Jepang punya style alias gaya tersendiri, nah salah satu style ala cewek-cewek SMA di Jepang adalah loose socks dalam katakana ditulis (ルーズソックス rūzu sokkusu) yang artinya kaos kaki longgar.



Pada tahun 1990-an, anak SMA di Jepang memendekkan rok mereka agar terlihat fashionable. Di pertengahan tahun 90 mereka meniru 'kaos kaki sepatu boot pendaki gunung' (gomen.. don't know how to translate it, mountain-climbing boot socks) untuk membuat kaki mereka terlihat kecil dan menarik. Kaos kaki ini diproduksi oleh pembuat kaos kaki seperti America's E.G. Smith. Entah sejak kapan 'kaos kaki boot' disebut menjadi 'kaos kaki longgar', namun kemudian dipadukan dengan rok mini bisa menjadi fashion tersendiri.
Dua pandangan yang paling terkenal adalah bahwa fashion tersebut berasal dari Sendai, Miyagi atau di Mito, Ibaragi. Pada kedua cerita, untuk melindungi dari kedinginan, cewek-cewek membeli, melonggarkan, dan memakai kaos kaki besar. Dikatakan bahwa mereka menjadi populer karena mereka membuat kaki yang gemuk terlihat kurus atau kecil. Setelah itu, kaos kaki tersebut menjadi barang dagangan dan tersebar ke berbagai kota besar seperti Tokyo dan Osaka lantas ke seluruh negeri. Dengan cepat hal ini menjadi populer terutama untuk anak SMA.
Puncak popularitas 'kaos kaki longgar' adalah dari 1996-1998. Selanjutnya, pada periode itu beranekaragam seperti 'super loose' dan 'gom nuki loose' (kaos kaki longgar dengan karet yang dapat dipindahkan) telah lahir. Bahkan ada yang panjangnya mencapai dua meter. Ini terutama digunakan sebagai budaya oleh cewek Yamamba. Beberapa sekolah melarang muridnya memakai kaos kaki longgar di sekolah, jadi biasanya murid perempuan sering berganti kaos kaki, mereka mengenakannya di luar area sekolah. Kecenderungan semacam ini diangkat oleh media massa, yang memberi perhatian untuk kaos kaki longgar simbol dari budaya anak SMA.
(Source: Wikipedia.org)

Panjang dari kaos kaki longgar ini berkisar antara 70cm sampai 120 cm. Biasanya berwarna putih, hitam, atau biru angkatan laut. Memakainya ada cara khusus yakni dengan menggunakan lem khusus untuk kaos kaki longgar. Namun, hasil googling saya malam ini ada yang mengatakan kalau loose socks in Japan are falling out of fashion (2004) sedangkan saat ini yang lagi ngetren adalah thigh high socks (kaos kaki ketat panjang). Disisi lain ada juga yang menyatakan loose socks are not dying and still populer (2008). Who knows? Dibuktikan sendirilah suatu hari ke Jepang.
Untuk masalah harga kayaknya lumayan mahal dan kalau pengen sih kayaknya musti online atau nggak ya di toko khusus Jejepangan. Menarik ya!

Sementara budaya 'berkaos kaki' di Indonesia sepengamatanku justru berbeda sekali dengan di Jepang. Kalau di Jepang suka memakai kaos kaki longgar yang panjang sebaliknya di Indonesia lebih suka memakai kaos kaki ketat biasa yang super pendek bahkan kalau bisa cuma nongol sedikit di sepatu. Murid di Indonesia umumnya malah lebih suka melipat kaos kaki ke dalam sepatu. Kalau di Jepang muridnya di larang karena memakai kaos kaki terlalu panjang sebaliknya di Indonesia dihukum karena memakai kaos kaki terlalu pendek. Tapi ya memang cocok lah untuk budaya masing-masing. Kaos kaki panjang dan longgar emang pantes kalau dipadukan sama rok pendek di atas lutut seperti di Jepang. Sedangkan kaos kaki panjang pasti aneh kalau dipake bareng sama rok selutut kebawah seperti di Indonesia. 

4 komentar:

Andra Olivia mengatakan...

di sekolah ane , murid cewe pake kaos kaki pendek sampe ga keliatan + rok pendek . wkkwkw
nice artikel :D

Andra Olivia mengatakan...

di sekolah ane murid cewenya pake kaos kaki yang ga keliatan ( entah make atau ga make hanya tuhan dan dia yang tau wkkwkw ) + rok pendek . kwkwkw
nice artikel :D

NindiNindy mengatakan...

kalau hari gini (2014 mendekati akhir) loose socks masih keren gak ya? daridulu pengen punya baru bisa belinya sekarang >_< jaman segitu aku masih SD soalnya kekeke, sekarang udah kuliah, tapi pengen punya :D

Hanna Raito mengatakan...

Hahahaa, iya dulu aku jg pengen punya tp skrg udah ga jaman..di jepang aja udah ganti tren kaos kaki ala maid yg panjang itu